Rabu, 27 Agustus 2014

Kekuatan kuasa Firman Allah

18/11/2012
Kekuatan kuasa Firman Allah
Yohanes 1 : 1 – 5, Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.
Firman Allah adalah dasar dalam kehidupan kita, ketika kita mengerti Firman Allah maka kita akan mengetahui tujuan hidup kita di dunia ini yaitu untuk mengasihi serta melayani Allah dan sesama kita. Tanpa Firman Allah di dalam kehidupan kita, maka hidup akan terasa hampa, waktu kita merenungkan dan mengerti Firman Allah, maka Firman itu akan hidup di dalam kita, seseorang akan mudah dipengaruhi dan tersesat akan berbagai pengajaran di dunia ini oleh karena disebabkan kekurang mengertian akan Firman Allah (Markus 12 : 24), tetapi kepada kita telah diberikan rahasia Kerajaan Allah (Markus 4 : 11).
Di dalam kitab Bilangan 13 : 1 – 33, di sana dikisahkan tentang Musa yang mengutus dua belas orang pengintai untuk mengintai tanah Kanaan (ayat 17), sesudah empat puluh hari pulanglah para pengintai yang diutus oleh Musa, dan sepuluh orang dari kedua belas pengintai tersebut menceritakan mengenai kondisi orang-orang di tanah Kanaan yang begitu kuat sehingga kelihatannya mustahil untuk di rebut serta kota-kotanya berkubu dan sangat besar (ayat 28), sehingga hal tersebut membuat bangsa Israel gentar dan menangis pada malam itu ketika mendengarkan kabar itu (Bilangan 14 : 1), bangsa Israel saat itu berpikir bahwa mustahil bagi mereka untuk merebut tanah Kanaan, padahal Allah  dari semula mempunyai tujuan untuk membebaskan bangsa Israel dari perbudakan di Mesir, agar Allah dapat memberikan negeri yang dijanjikan-Nya untuk menjadi milik pusaka bangsa Israel, ketidak percayaan bangsa Israel terhadap Tuhan, membuat bangsa itu gentar terhadap penduduk tanah Kanaan (Bilangan 14 : 11), ketidak mengertian akan Firman Allah akan membuat seseorang takut dan bimbang terhadap setiap pergumulan yang akan dihadapi dalam hidupnya. Ketika seseorang taat akan Firman Tuhan maka mujizat Tuhan akan dinyatakan dalam hidupnya (Yesaya 1 : 19), dan  sebaliknya ketika seseorang memberontak kepada Firman Tuhan maka orang tersebut akan menerima ganjaran yang menyakitkan (Yesaya 1 : 20). Apabila kita selalu berpegang pada perintah Tuhan dan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya dengan takut akan Dia, maka hidup kita akan diberkati dan memperoleh kemenangan demi kemenangan dalam pergumulan hidup ini (Ulangan 8 : 6 – 10), sebab itu buanglah segala yang kotor dan jahat dan terimalah dengan lemah lembut Firman Tuhan yang tertanam di hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu (Yakobus 1 : 21), dan hendaklah kita menjadi pelaku Firman dan bukan hanya pendengar saja (Yakobus 1 : 22), serta meneliti dan bertekun dalam Firman Tuhan maka kita akan berbahagia (Yakobus 1 : 25).
Umat Tuhan yang terkasih, marilah kita senantiasa meminta pertolongan dari Roh kudus untuk selalu meneliti dan bertekun didalam Firman Tuhan setiap saat, amin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar