Rabu, 27 Agustus 2014

Hal berdoa

Hal berdoa
Yakobus 4 : 2 – 3, Kamu mengingini sesuatu, tetapi kamu tidak memperolehnya, lalu kamu membunuh; kamu iri hati, tetapi kamu tidak mencapai tujuanmu, lalu kamu bertengkar dan kamu berkelahi. Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa.  Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.
Ayat – ayat di dalam kitab Yakobus 4 di atas menerangkan mengenai hal berdoa, pada ayat diatas dikatakan bahwa kamu tidak memperoleh apa-apa karena kamu tidak berdoa, tetapi juga di katakan:  kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa?......, kenapa hal tersebut bisa terjadi?....bukankah hal tersebut kedengarannya aneh?....., karena jawabannya ialah: karena kamu salah berdoa!....,kemudian dilanjutkan pada ayat berikutnya: sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu!!...
Karena itu ada 4 hal yang harus diperhatikan dalam berdoa, yaitu (Matius 6 : 9 – 13) :
1.Waktu berdoa, kita datang kepada Tuhan dengan memberikan penghormatan / pengagungan.
2.Waktu berdoa, kita harus menempatkan diri sebagai anak yang memerlukan kasih dari seorang Ayah.
3.Waktu berdoa, kita mempersembahkan seluruh kekudusan dalam hidup kita kepada Tuhan 
    (menghormati kekudusan Allah).
4.Waktu berdoa, kita menghormati otoritas / kehendak Bapa di sorga.
Keempat hal di atas adalah merupakan dasar-dasar / fondasi yang sangat penting ketika kita menaikkan doa kepada Tuhan, karena ketika motivasi kita dalam berdoa tidak benar (salah berdoa) , maka kita tidak akan menerima apa-apa ketika berdoa, doa yang salah adalah doa yang dinaikkan agar dapat menarik perhatian orang (Matius 6 : 5, ingin dipuji / ingin menerima penghormatan dari orang lain), dan juga doa yang bertele-tele (Matius 6 : 7, panjang lebar tanpa fokus yang jelas). Tuhan Yesus memberikan kita contoh tentang hal berdoa di dalam Injil Matius 6 ayat ke 5 sampai ayat yang ke 15. Ayat-ayat Firman Tuhan dapat membantu kita dalam berdoa, seseorang akan mempunyai kuasa, kalau orang tersebut hidup dengan mentaati Firman Tuhan, Firman Tuhan itu akan berkuasa terhadap seseorang apabila Firman Tuhan itu dihayati dan dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, dan ketika kita mengakui anugerah Allah di dalam seluruh kehidupan kita, maka hal itu akan membuat kita rendah hati, karena segala yang kita miliki di dunia ini hanyalah merupakan anugerah dari Tuhan saja.
Umat Tuhan yang terkasih, marilah kita senantiasa berdoa dengan meminta pimpinan dari Roh Kudus agar kita dapat berdoa sesuai dengan kehendak Tuhan, amin.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar