Selasa, 26 Agustus 2014

Peperangan iman

Peperangan iman
2 Tawarikh 20 : 1 – 30
2 Tawarikh 20 : 3,  Yosafat menjadi takut lalu mengambil keputusan untuk mencari Tuhan. Ia menyerukan kepada seluruh Yehuda supaya berpuasa.
Kitab 2 Tawarikh 20 ini menceritakan tentang bani Moab, bani Amon, bersama-sama sepasukan orang Meunim yang hendak menyerang Yehuda dan Yerusalem, pada saat itu raja Yehuda yaitu Yosafat mengalami keadaan yang sangat terjepit, dia dikepung oleh suatu laskar yang besar, tetapi apakah tindakan Yosafat dalam keadaan seperti itu?....pada saat itu Yosafat mengambil keputusan untuk mencari Tuhan dan ia menyerukan kepada seluruh Yehuda untuk berpuasa!.....dan apakah hasil dari raja Yosafat dalam mencari Tuhan dan berpuasa dengan seluruh bangsa Yehuda?.....Tuhan memberikan kemenangan yang besar bagi Yosafat!, karena Tuhanlah yang berperang untuk mereka!, ayat yang ke 15 bagian akhir mengatakan: Janganlah kamu takut dan terkejut karena laskar yang besar ini, sebab bukan kamu yang akan berperang melainkan Allah……..ketika Yosafat dalam keadaan yang terdesak dia mencari Tuhan dan berpuasa dengan sungguh-sungguh dengan seluruh bangsa Yehuda, maka Tuhan turun tangan dan berperang untuk mereka!.....dan apakah yang terjadi kemudian?...ayat yang ke 25 mengatakan: Lalu Yosafat dan orang-orangnya turun untuk menjarah barang-barang mereka. Mereka menemukan banyak ternak, harta milik, pakaian dan barang-barang berharga. Yang mereka rampas itu lebih banyak dari pada yang dapat dibawa. Tiga hari lamanya mereka menjarah barang-barang itu, karena begitu banyaknya......Haleluya!
Ada 4 hal yang dilakukan Yosafat ketika dia dalam keadaan terdesak :
(1)Yosafat mengambil keputusan untuk mencari Tuhan dan menyerukan kepada seluruh Yehuda supaya berpuasa (2 Tawarikh 20 : 3) (karena Tuhan adalah sumber pertolongan: Mazmur 18 : 7 , Mazmur 56 : 4–5).
(2)Yosafat mampu mengkoordinir dan menghimpun seluruh bangsa Yehuda untuk mencari Tuhan (2 Tawarikh 20 : 4) (tanda pemimpin yang masih didengar).
(3)Yosafat membenarkan dan berpegang pada janji-janji Tuhan (2 Tawarikh 20 : 7).
(4)Percaya sepenuhnya kepada penyertaan dan pembelaan Tuhan (2 Tawarikh 20 : 17).

Umat Tuhan yang terkasih, ketika anda mengalami persoalan/pergumulan yang berat seakan-akan sudah terdesak dan kelihatannya sudah tidak ada harapan, apakah anda telah dengan segenap hati mencari Tuhan dan berpuasa dalam menghadapi pergumulan tersebut?.....kisah di dalam kitab 2 Tawarikh 20 telah mengajarkan kepada kita, bahwa Yosafat dalam keadaan yang sangat terjepit dia mengambil keputusan untuk mencari Tuhan dan berpuasa, dan hasilnya Tuhan memberikan kemenangan yang besar bagi mereka!....karena bagi Tuhan tidak ada satupun perkara yang mustahil, bersama dengan Yesus kita akan menjadi pemenang atas setiap masalah/problema kehidupan ini, amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar